Pengertian Asam Urat menurut Wikipwedia adalah senyawa turunan purina dengan rumus kimia C5H4N4O3 dan rasio plasma antara 3,6 mg/dL (~214µmol/L) dan 8,3 mg/dL (~494µmol/L) (1 mg/dL = 59,48 µmol/L).  Kelebihan (hiperurisemia, hyperuricemia) atau kekurangan (hipourisemia, hypouricemia) kadar asam urat dalam plasma darah ini sering menjadi indikasi adanya penyakit atau gangguan pada tubuh manusia.

Asam Urat, Pengertian Asam Urat, Penyakit Asam Urat, Gejala Asam Urat, Penyebab Asam Urat, Obat Asam Urat, Herbal Asam Urat

Memahami Pengertian Asam Urat

Asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi. Hal ini terjadi akibat penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki.

Asam urat atau gout adalah salah satu jenis radang sendi yang terjadi akibat penumpukan kristal asam urat. Kondisi ini dapat terjadi pada sendi mana pun, seperti di jari kaki, pergelangan kaki, lutut, dan paling sering di jempol kaki. Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Akan tetapi pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Pada kondisi normal, asam urat larut dalam darah dan dikeluarkan melalui urine. Akan tetapi, pada kondisi tertentu, asam urat dapat menumpuk akibat tubuh menghasilkan asam urat dalam jumlah yang berlebihan atau mengalami gangguan dalam membuang kelebihan asam urat.

Mengenal Penyakit Asam Urat

Penyakit asam urat merupakan akibat dari konsumsi zat purin secara berlebihan. Purin diolah tubuh menjadi asam urat. Tapi bila kadar asam urat berlebih, ginjal tidak mampu mengeluarkannya. Sehingga kristal asam urat menumpuk di persendian. Akibatnya, sendi terasa nyeri, bengkak, dan meradang.

Asam urat adalah penyakit dari sisa metabolisme zat purin yang berasal dari sisa makanan yang kita konsumsi. Purin sendiri adalah zat yang terdapat dalam setiap bahan makanan yang berasal dari tubuh makhluk hidup. Dengan kata lain, dalam tubuh makhluk hidup terdapat zat purin ini, lalu karena kita memakan makhluk hidup tersebut, maka zat purin tersebut berpindah ke dalam tubuh kita. Berbagai sayuran dan buah-buahan juga terdapat purin. Purin juga dihasilkan dari hasil perusakan sel-sel tubuh yang terjadi secara normal atau karena penyakit tertentu. Biasanya asam urat menyerang pada usia lanjut, karena penumpukan bahan purin ini.

Penyebab dan Gejala Asam Urat

Penyakit asam urat terjadi akibat penumpukan kristal asam urat pada sendi. Kondisi ini bisa terjadi ketika tubuh menghasilkan terlalu banyak asam urat. Kemudian fungsi ginjal dalam membuang asam urat tidak bekerja dengan baik sehingga membuat kadar asam urat dalam darah terlalu tinggi.

Gejala asam urat adalah nyeri yang muncul secara tiba-tiba dan bertahan selama beberapa waktu. Sendi yang nyeri juga kerap mengalami kemerahan, bengkak, dan terasa panas. Bagian yang paling sering terdampak oleh asam urat adalah kaki.

Gejala-gejala tersebut biasanya hanya terjadi pada satu sendi, tetapi juga bisa terjadi pada beberapa sendi di saat yang bersamaan, misalnya di sendi dan jari-jari tangan.

Pengobatan dan Pencegahan Asam Urat

Pengobatan asam urat bertujuan untuk meredakan gejala dan mencegah terjadinya komplikasi dengan menurunkan kadar asam urat dalam darah.

Obat Nyeri Sendi Paling Ampuh, Wildbee Kapsul, Wildbee Premium, Wildbee Capsule, Herbal untuk Nyeri Sendi, Obat Sakit Pinggang, Obat Nyeri Lutut, Obat Asam Urat

Untuk meredakan gejala, pasien dapat diberikan obat-obatan, seperti colchicine, obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS), atau kortikosteroid. Sementara untuk mencegah terjadinya komplikasi, pasien dapat diberikan obat-obatan, seperti allopurinol atau probenecid. Adapun Produk Herbal Asam Urat yang terkenal sangat AMPUH mengatasi nyeri akibat Asam Urat adalah Kapsul Wildbee Premium atau Gouthis Capsule.

Pencegahan asam urat adalah dengan mengubah gaya hidup menjadi lebih sehat. Misalnya dengan rutin berolahraga, tidak mengonsumsi minuman beralkohol secara berlebihan, dan mengonsumsi makanan yang baik untuk penderita asam urat.